Minggu, 03 April 2016

Saus Tartar!!!

Saus Tartar!!! Pernah dengar ungkapan tersebut? Benar sekali, kita sering mendengarnya diucapkan oleh Mr. Krab di serial Spongebob Squarepants. Dulu saya penasaran seperti apakah saus tartar itu? Apakah ada hubungannya dengan bangsa Tartar di Siberia? Menurut Wikipedia, nama saus Tartar memang diambil dari nama suku Tatar (yang kadang juga dieja Tartar) karena teksturnya yang tidak mulus. Saya juga kurang paham dengan penjelasan dari Wikipedia tersebut. Tapi itu penjelasan dari Wikipedia Bahasa Indonesia. Kalau Anda melihat yang versi Bahasa Inggris, penjelasannya lebih detil. Bangsa Tatar sendiri sebenarnya tidak ada hubungannya dengan saus tartar. Mereka tidak menciptakan saus tersebut. Lalu bagaimana mereka bisa memiliki nama yang sama? Silahkan baca lebih lanjut di sini https://en.wikipedia.org/wiki/Tartar_sauce

Masih menurut Wikipedia, saus tartar ini sering digunakan untuk mendampingi berbagai makanan olahan dari laut atau sering kita sebut seafood. Saya sendiri baru mencoba saus tartar ketika makan fish 'n chips di McD. Rasanya unik, campuran antara asin, gurih, manis, dan masam. Teksturnya lembut tapi seperti mengandung gumpalan-gumpalan kecil di dalamnya. Penasaran terbuat dari apakah saus tartar ini, saya browsing-browsing di internet untuk mencari tahu. Setelah mendapatkan informasi yang cukup, saya memutuskan untuk mempraktikkan sendiri cara membuatnya, lengkap dengan fish 'n chip sekalian. Ya soalnya kalau hanya bikin saus tartarnya saja untuk apa? Masak mau dimakan pakai nasi?

Bahan-bahannya ternyata cukup sederhana dan mudah didapat. Bahan utamanya adalah mayonaise, telur ayam (direbus dan dihaluskan), cuka (bisa diganti dengan air perasan lemon atau jeruk nipis), bawang bombay (dicincang halus), susu kental manis, dan tentunya garam dan merica. Anda dapat menambahkan potongan daun parsley jika ingin membuatnya tampak lebih menarik, tapi ini tidak harus. Anda tinggal mencampurkan semua bahan tadi menjadi satu dan voila, jadi deh.

Untuk fish 'n chip, saya siapkan tersendiri. Saya menggunakan fillet ikan sirip kuning, tapi umumnya ikan dori atau ikan cod yang lebih sering dipakai. Lumuri fillet ikan dengan air perasan lemon atau jeruk nipis, serta garam dan merica, kemudian diamkan selama 10 menit. Sementara itu, Anda bisa menyiapkan larutan tepungnya. Campurkan tepung bumbu serbaguna dengan baking powder dan air soda (yang rasanya netral, kalau tidak ikan anda nanti akan berasa seperti buah-buahan). Aduk rata hingga menjadi larutan tepung yang kental. Ambil fillet ikan yang sudah direndam dan masukkan ke dalam larutan tepung hingga merata. Kemudian masukkan ke dalam wadah lain yang berisi tepung bumbu kering. Lumuri hingga tepung kering merata pada fillet ikan. Setelah itu gorenglah fillet ikan yang sudah berlumur larutan tepung dan tepung kering dalam minyak yang banyak (fillet ikan harus terendam dalam minyak) dan menggunakan api sedang. Setelah matang, tiriskan dan taruhlah di atas piring yang sudah diberi kertas minyak atau tissue di atasnya. Untuk kentangnya, saya beli di restoran cepat saji terdekat karena lebih praktis hehehe....

Ini gambar fish 'n chip dari internet
Ini hasil buatan saya. Tidak jauh beda kan? :D
Kalau sudah matang semua, Anda tinggal menyajikan fillet ikan yang digoreng bersama dengan potongan kentang goreng (french fries) dan cocolan saus tartar. Oh ya, tadi karena masih tersisa air soda untuk membuat larutan tepung, saya gunakan untuk membuat minuman. Saya campurkan dengan sirup jeruk nipis yang saya dapat dari Cirebon, kemudian tambahkan sedikit gula dan air, lalu tambahkan es batu. Jadi deh minuman dingin menyegarkan untuk menemani makan fish 'n chip. Bon appetite!

10 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah.. Jadi pengen coba buat :-)
Pas banget posting blog saya besok juga ttg fish and chips :-)

Unknown mengatakan...

Wah ditunggu mbak postingannya. Penasaran nih, aadfnc (ada apa dengan fish n chip)

siswantyaningsih mengatakan...

Wow enak bingit kelihatannya.

Bisa dicoba nih.

Ditunggu delivernya ya

Hehehehe....

Unknown mengatakan...

Hahaha.... Udah di perut sis. Ayo piknik bareng nanti aku bawakan fish n chip

@annelesmana mengatakan...

Arsa tnyta pinter masak jg yaa.. :)

Unknown mengatakan...

Hehehe... Gak jago2 jg kok ne. Kadang2 aja kalo lg kurang piknik pelampiasannya ke masak. Soalnya aku suka kuliner. Jd daripada beli kadang aku bikin sendiri

Swastikha mengatakan...

Enak kayaknya ni, Sa

Anonim mengatakan...

Hmmmmm.... mungkin ada yg salah dengan captionnya. Yang buatanmu sendiri gambar yg atas kan Sa???
Hehehheheh.... piss!
Duuuuuhhh, calon hot papa nih, uda jago masak!
😄

Unknown mengatakan...

Ayo kita adakan piknik bareng. Nanti bisa dicoba fish n chip ala saya hehehee

Unknown mengatakan...

Hehehe yg di atas bisa jd malah lebih enak lho alf.
Iya nih tinggal nunggu hot mama nya hahahah