Selasa, 03 Mei 2016

10 Phobia yang Unik



Kita mungkin sudah sering mendengar istilah phobia. Seseorang yang mengalami phobia, merasakan suatu ketakutan yang tidak wajar terhadap suatu obyek atau situasi, baik itu sesuatu yang konkrit maupun yang abstrak. Ketika dihadapkan pada obyek ketakutannya, seseorang dengan phobia dapat mengalami kepanikan, sesak napas, keringat dingin, atau bahkan pingsan.

Beberapa jenis phobia yang sering kita jumpai antara lain phobia kucing, phobia ketinggian, phobia ruang sempit, atau phobia terhadap mantan #eh. Tapi tahukah kalian ada beberapa phobia yang mungkin jarang kita dengar dan kita tidak pernah menduga bahwa ada phobia semacam itu. Mari kita tengok ke bawah.

1. Athazagoraphobia

Merupakan ketakutan untuk melupakan, dilupakan, diabaikan, atau digantikan. Individu yang mengalami athazagoraphobia melakukan segala cara untuk memastikan bahwa mereka tidak akan lupa atau dilupakan. Antara lain dengan cara mengubur barang-barang kenangan dalam tanah, mengikatkan simpul di jari atau di pohon, dan lain sebagainya.

Athazagoraphobia dapat muncul pada pasien dementia (kepikunan) di tahap awal penyakitnya, serta pada pasangan atau keluarga dari pasien alzheimer/dementia. Phobia ini dapat dipicu di masa kanak-kanak, di mana ia pernah ditinggalkan sendirian atau diabaikan dalam jangka waktu yang lama. Athazagoraphobia sangat jarang didiskusikan dan dilaporkan, namun ironisnya justru merupakan phobia yang cukup umum terjadi. 

2. Phobophobia

"Satu-satunya hal yang perlu kita takuti adalah ketakutan itu sendiri." Ungkapan ini memang benar-benar dialami oleh sebagian orang. Phobophobia merupakan ketakutan terhadap rasa takut. Individu dengan phobophobia menjadi cemas dan panik karena khawatir akan mengalami ketakutan terhadap obyek atau situasi tertentu.

Penderita phobophobia biasanya memiliki gangguan phobia yang lain, misalnya agoraphobia (ketakutan terhadap ruang terbuka) atau claustrophobia (ketakutan terhadap ruang tertutup dan sempit). Ia khawatir phobia yang ia alami akan membuatnya mempermalukan diri sendiri, dan pemikiran ini membuatnya mengalami ketakutan selanjutnya. Karena itu, phobia ini sebagian besar disebabkan karena faktor internal.

3. Podophobia

Yaitu rasa takut yang tidak wajar terjadap kaki. Individu dengan podophobia akan merasa kesal, cemas, dan takut ketika melihat kaki, bahkan kakinya sendiri. Ada juga yang merasa tidak suka apabila orang lain melihat atau menyentuh kakinya. Phobia ini dapat membuat penderitanya tidak mau melepas sepatu atau kaus kaki dalam kondisi apapun, bahkan waktu tidur. Sama seperti phobia yang lain, pengalaman traumatis, terutama yang berhubungan dengan kaki, dapat menyebabkan terjadinya podophobia
4. Omphalophobia

Merupakan rasa takut terhadap pusar. Individu yang mengalami omphalophobia mengalami rasa takut yang tidak wajar terhadap pusarnya sendiri, dan terkadang juga dengan pusar orang lain. Ia tidak suka bila pusarnya tersentuh, dan sangat jijik hanya dengan melihat pusar. Salah satu selebriti yang dikabarkan mengidap phobia ini adalah Khloe Kardashian.

5. Hippopotomonstrosesquippedaliaphobia

Meskipun terdengar seperti lelucon, namun hippopotomonstrosesquippedaliaphobia memang nyata terjadi. Individu yang mengalami hippopotomonstrosesquippedaliaphobia cenderung mengalami kecemasan tingkat tinggi bila dihadapkan pada kata-kata yang panjang. Dan merupakan suatu ironi para ilmuwan menamakan phobia ini dengan suatu kata yang teramat panjang. Pengalaman traumatis (misalkan ditertawakan di depan kelas) ketika gagal membaca suatu kata yang panjang dan sulit, diduga menjadi salah satu penyebab phobia ini.

6. Anatidaephobia

Phobia ini mungkin akan dianggap merupakan hal yang lucu bagi kebanyakan orang, namun tidak bagi penderitanya. Individu dengan anatidaephobia merasa bahwa ia sedang diawasi oleh itik atau angsa, dan hal tersebut membuatnya takut setengah mati.

Penderita anatidaephobia menolak untuk keluar rumah karena takut akan bertemu itik/angsa. Pengalaman traumatis dengan hewan unggas tersebut dapat menjadi penyebab munculnya phobia ini

7. Cherophobia

Merupakan ketakutan terhadap kebahagiaan, karena si penderita berkeyakinan bahwa setiap kebahagiaan yang ia alami akan diikuti oleh suatu kesengsaraan, sebagai imbalan atas kebahagiaan yang ia alami. Phobia ini sangat berkaitan erat dengan budaya tertentu yang menganggap bahwa kesialan dan hal buruk cenderung terjadi pada orang-orang yang berbahagia. Individu dengan cherophobia akan menghindari hal-hal yang  dapat menimbulkan emosi bahagia atau sebisa mungkin tidak mengekspresikan kebahagiaannya.

8. Cetaphobia

Fakta menyebutkan bahwa ratusan hingga ribuan orang mengidap cetaphobia, yaitu ketakutan tidak wajar terhadap paus. Uniknya sebagian besar penderita cetaphobia belum pernah bertemu atau melihat langsung dengan paus. Penderita cetaphobia dapat mengalami serangan panik hanya dengan melihat gambar paus atau ada seseorang di dekatnya yang berbicara tentang paus.

Individu dengan cetaphobia sebisa mungkin menghindari lautan karena takut akan ada paus yang tiba-tiba muncul. Para ahli berpendapat bahwa phobia ini dapat muncul karena semasa kecil penderita pernah melihat film atau acara televisi yang menggambarkan kekejaman paus.

9. Nomophobia

Jaman sekarang, hampir tiap orang memiliki telepon seluler dan tidak bisa lepas darinya. Dengan adanya teknologi telepon pintar, membuat semakin banyak orang yang bergantung pada telepon seluler. Namun ada beberapa orang yang akan sangat ketakutan apabila mereka berada jauh dari telepon seluler mereka atau tidak dapat menggunakannya karena gangguan sinyal. Ketakutan semacam ini disebut nomophobia.

Nomophobia merupakan jenis phobia yang relatif baru dan dilaporkan terjadi pada 53% pria, wanita, dan remaja di Inggris yang memiliki telepon seluler. Munculnya gejala ini karena ketergantungan yang sangat tinggi terhadap teknologi. Beberapa gelaja yang teridentifikasi di antaranya: selalu memeriksa kondisi baterai telepon dan pesan masuk; terlalu protektif terhadap telepon selulernya; penggunaan telepon seluler yang melampau batas hingga mengganggu kehidupan sosialnya; serta serangan panik yang hebat saat tidak bisa menggunakan teleponnya.

10. Mephobia

Phobia ini mungkin belum masuk dalam klasifikasi ilmiah, tapi sedang populer di media sosial. Urban Dictionary mendefinisikan mephobia sebagai suatu ketakutan untuk menjadi sangat mengagumkan sehingga umat manusia tidak mampu menghadapinya dan semua orang menjadi binasa. Morgan Freeman dan Chuck Norris merupakan dua di antara sekian orang yang dicurigai mengidap fobia ini.

Beberapa netizen berkelakar bahwa individu dengan mephobia tidak pernah keluar rumah karena beranggapan bahwa semua orang telah binasa atau ia merasa sangat bersalah ketika bersama orang lain karena ia beranggapan bahwa tidak ada yang sanggup menghadapi kehebatannya. Benar atau tidak, belum ada pembuktian ilmiah. Namun, dengan semakin banyaknya media sosial yang mengakomodir setiap orang untuk memamerkan dirinya, tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak orang yang mengalami mephobia dan para ilmuwan akan memasukkan phobia ini dalam daftar resmi.

Jadi demikian sepuluh phobia yang mungkin belum pernah anda dengar namun secara kenyataan memang ada (kecuali mephobia yang belum diteliti secara ilmiah). Jika anda ada tambahan phobia lain yang lebih aneh, silahkan tambahkan pada kolom komentar. Sampai jumpa.

Sumber referensi:
1. Wikipedia
3. Laman fearof.net

Tidak ada komentar: