Minggu, 01 Mei 2016

Lima Fakta Tentang Hari Buruh



Hari ini, tanggal 01 Mei, merupakan Hari Buruh. Sejak tahun 2014, tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional di Indonesia. Hari Buruh tidak hanya dirayakan di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia, meskipun tidak selalu pada tanggal 01 Mei.

Sebagian besar negara di dunia merayakan Hari Buruh pada tanggal 01 Mei, sehingga disebut juga May Day, dan tanggal tersebut juga menjadi Hari Buruh Internasional.

Berikut beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang Hari Buruh, yang disadur dari laman heavy.com :

1. Merupakan perayaan untuk prestasi dan pencapaian kaum pekerja

Hari Buruh merupakan perayaan terhadap pencapaian kaum pekerja di seluruh dunia. Organisasi Serikat Pekerja, kaum sosialis, dan beberapa organisasi radikal memanfaatkan momen tersebut untuk menarik perhatian dari seluruh dunia terhadap hak-hak pekerja dan menuntut adanya perubahan.

2. Terkait erat dengan Organisasi Serikat Pekerja serta pertama kali dirayakan pada dekade 1880-an

Hari Buruh pertama kali dirayakan pada dekade 1880-an, berdasarkan sejarah Hari Buruh pada situs Industrial Workers of  The World.

Tanggal 01 Mei dipilih sebagai Hari Buruh untuk memperingati Haymarket Affair yang terjadi pada bulan Mei 1886 di Chicago.

Pada tanggal 01 - 03 Mei 1886, 250.000 pekerja di wilayah Chicago dan sekitarnya turun ke jalan untuk memprotes jam kerja yang panjang dan meminta supaya semua pabrik membatasi jam kerja maksimal 8 jam per hari. Pada tanggal 03 Mei, polisi meluncurkan tembakan ke massa yang sedang melakukan aksi damai dan membunuh dua orang pekerja. Unjuk rasa dilakukan pada hari berikutnya untuk memprotes aksi kekerasan polisi. Sekitar pukul 10.30, barisan polisi bergerak menuju rombongan pengunjuk rasa dan ada oknum yang melemparkan bom ke arah polisi, menyebabkan satu orang polisi terbunuh dan enam lainnya luka berat. Polisi kemudian melancarkan tembakan dan membunuh empat pekerja serta melukai beberapa lainnya.

3. Dirayakan dengan parade dan unjuk rasa

Secara historis, Hari Buruh merupakan hari untuk berparade, berunjuk rasa, serta perayaan-perayan lain yang dilakukan kaum pekerja.

4. Organisasi Serikat Pekerja menggunakan hari tersebut untuk memperjuangkan hak-hak buruh

Sebagian besar Organisasi Serikat Pekerja memanfaatkan tanggal 01 Mei untuk memperjuangkan hak-hak pekerja, di antaranya kenaikan upah dan perbaikan kondisi pekerja.

5. Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya merayakan Hari Buruh bukan di tanggal 01 Mei

Amerika Serikat dan Kanada merayakan Hari Buruh pada hari Senin pertama di bulan September, meskipun asal muasal dirayakannya Hari Buruh terjadi pada bulan Mei di Chicago. Hari Buruh, selain sebagai perayaan bagi para pekerja, juga merupakan perayaan di akhir musim panas.

Demikian beberapa fakta yang perlu kamu ketahui tentang Hari Buruh. Semoga dapat menambah wawasan kita tentang perayaan yang dilakukan pada tanggal 01 Mei ini. Jika kalian ada tambahan lain, silahkan sebutkan di komentar. Selamat berlibur.

Tidak ada komentar: