Minggu, 22 Mei 2016

Zootopia



Saat pertama kali lihat trailer film Zootopia di youtube, saya sedikit pesimis dengan film ini. Saat itu pikir saya, film ini hanya film kartun anak-anak tipikal Disney. Meskipun banyak juga film Disney, terutama yang bekerja sama dengan Pixar, yang ternyata mempunyai cerita yang cukup dalam dan bermakna, seperti Wall-e, Trilogi Toy Story, dan Bug's Life. Tapi entah kenapa, dari trailernya saja saya sudah kurang tertarik. Lucu sih, tapi terlalu kekanakan. Jadi saya tidak ada keinginan untuk melihatnya.

Hingga suatu hari, dalam perjalanan rutin saya ke tempat kerja, saya mendengar lagu yang sangat asyik dan merdu di radio. Dari suaranya yang khas, saya tahu bahwa penyanyi lagu ini adalah Shakira. Iramanya begitu bersemangat dan liriknya juga sangat dalam. Siapapun yang mendengarnya pasti akan ikut bersemangat. Refrainnya seperti ini:
I won't give up
No, I won't give in
Till I reach the end
Then I'll start again
No, I won't leave
I wanna try everything
I wanna try eventhough I keep failed
Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kira-kira artinya adalah:
Aku tak kan menyerah
Tidak, aku tak kan berputus asa
Hingga aku mencapai akhir
Kemudian aku akan memulainya lagi
Tidak, aku tak kan pergi
Aku ingin mencoba segalanya
Aku ingin mencoba meskipun aku gagal
Seru kan? Kemudian saya cari di youtube lagu tersebut, dan ternyata lagu yang berjudul "Try Everyhting" ini adalah lagu soundtrack film Zootopia. Film yang sebelumnya sempat saya underestimate. Saya jadi penasaran dengan film tersebut dan akhirnya nonton juga.

Ternyata film Zootopia ini sangat bagus. Jauh dari kesan kekanak-kanakan, tapi tetap ramah untuk anak kecil. Jadi semua anggota keluarga bisa ikut nonton. Papa, mama, kakak, adik, kakek, nenek, aa', teteh, paklek, bulek, semua deh (kalah mobil kijang hehehe).

Tokoh utamanya adalah seekor kelinci yang ingin menjadi polisi di kota Zootopia. Ini mungkin yang akan membuat kita berpikir bahwa film ini hanya untuk anak-anak. Fabel banget. Eits, jangan berprasangkan dulu. Teruslah menonton. Saya saja menyesal sudah berprasangka buruk pada film ini.

Zootopia sendiri adalah nama ibukota bagi penduduk di dunia binatang. Di kota inilah nenek moyang para binatang, yang awalnya hidup primitif, saling membunuh antara predator dan mangsa untuk memenuhi kebutuhan biologisnya, kemudian berevolusi dan memutuskan untuk saling berdamai dan membangun sebuah kehidupan yang beradab. Maka dibangunlah zootopia.

Di Zootopia, dan di kota dan desa sekitarnya, semua binatang, atau lebih tepatnya mamalia, hidup layaknya manusia. Mereka memakai pakaian lengkap, pergi sekolah, mempunyai pekerjaan, dan bahkan hidup di apartemen.

Judy Hopps, si kelinci tokoh utama kita, mempunyai cita-cita menjadi polisi pertama di kota Zootopia. Meskipun ia diragukan oleh banyak orang, termasuk keluarganya sendiri, ia berhasil menjadi lulusan terbaik di Akademi Kepolisian. Cita-citanya untuk menjadi polisi pun tercapai. Namun justru di sinilah semua masalah yang akan ia hadapi bermula.

Meskipun Judy adalah lulusan terbaik di angkatannya, namun postur tubuhnya yang kecil, dan stereotipe tentang kaum kelinci yang imut dan penakut, membuatnya mengalami diskriminasi di tempat kerjanya yang baru. Di hari pertama, ia hanya ditugaskan sebagai petugas tilang parkir. Ia berharap mendapatkan kasus yang lebih menantang.

Hingga pada suatu saat, ketika ia hampir dipecat dari kepolisian karena bertindak di luar perintah, ia mendapatkan penugasan yang tampak mustahil dilakukan bahkan oleh seorang polisi senior. Ia ditugaskan untuk mencari seekor musang yang telah hilang selama berhari-hari, dalam jangka waktu 48 jam. Kasus ini dan beberapa kasus mamalia hilang lainnya, telah ditangani oleh pihak kepolisian selama lebih dari dua minggu, namun tidak menunjukkan titik terang. Keluarga para korban mulai putus asa.

Judy, yang tidak ingin mengecewakan istri si musang, serta untuk membuktikan kepada atasannya bahwa ia mampu, bertekad kuat untuk memecahkan kasus ini dalam jangka waktu yang tersedia. Ia bekerja sama dengan informannya, seekor rubah bernama Nick Wilde. Meskipun pada awalnya Nick tidak mau bekerja sama, namun dengan sedikit paksaan dari Judy, mereka berdua akhirnya bekerja sama untuk menuntaskan kasus ini. Yang unik adalah, di kehidupan nyata kelinci dan rubah adalah musuh alami, di mana rubah suka memburu kelinci liar, namun di film ini dua spesies tersebut justru saling bekerja sama.

Yang saya suka dari film ini adalah endingnya yang di luar dugaan, serta proses penyelidikan selama cerita, layaknya film detektif seperti CSI atau Sherlock Holmes. Jarang-jarang kan ada film animasi seperti ini. Grafiknya juga bagus, khas film disney. Dan tentunya soundtrack filmnya yang juga yahud. Menurut saya film ini harus masuk ke nominasi film animasi terbaik academy award tahun 2017, dan lagunya juga harus masuk nominasi lagu soundtrack film terbaik. Kebangetan panitianya kalau sampai tidak masuk. Untuk penutup, berikut saya sertakan trailer film Zootopia dan video klip lagu Try Everything. Selamat menonton.




Tidak ada komentar: